Mira Askita

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Tentang FEB Akuntansi

August 29th, 2016 by Mira Askita
Karena aku adalah mahasiswa jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMM, aku akan menjelaskan sedikit keunggulan dan perkembangan serta beberapa info dan kontak prodi tersebut.
Keunggulan dari jurusan akuntansi UMM ini saaangat banyak kan, selain sudah terakreditasi A, program studi ini juga meiliki program percepatan skripsi seperti yang sudah dijelaskan tadi. Keunggulan lain yaitu tenaga pengajar yang sudah ahli tentunya dan memeliliki fasilitas memadai seperti lebalatorium. pojok pajak, dan lain-lain. Selain itu, untuk buku referensi kuliah jurusan akuntansi UMM juga menyediakan buku yang diterbitkan oleh penerbitan UMM “UMMPress” sendiri.

Nah, ini dia sedikit infprmasi umum tentang jurusan yang saya pilih :
Jurusan akuntansi UMM bertujuan

menghasilkan sarjana ekonomi yang mempunyai kompetensi di bidang akuntansi yang mampu mengelola aktivitas keuangan organisasi serta memiliki kemampuan mengendalikan dan menganalisis informasi keuangan organisasi bisnis maupun sektor publik. Jurusan ini berstatus Terakreditasi “A”.

Kurikulum dirancang ke dalam konsentrasi bidang ilmu antara lain: Akuntansi Keuangan, Akuntansi Manajemen, sistem informasi, pengauditan, perpajakan, akuntansi syari’ah, kewirausahaan, dan akuntansi sektor publik. Program studi akuntansi UMM mengembangkan serangkaian aktivitas akademik yang dapat meningkatkan value added mahasiswa dalam berbagai jenis peminatan (brevet pajak, kunjungan perusahaan, magang kerja, workshop akuntansi syari’ah, dan short course manajemen ekspor impor).

Laboratorium akuntansi menjadi basis pelaksanaan praktikum akuntansi perusahaan jasa, dagang, industri, pemeriksaan akuntansi, perpajakan dan metodologi penelitian. Semua praktikum didesain secara manual dan computer-based.

Untuk memperpendek masa studi mahasiswa, program studi akuntansi UMM merancang program ‘percepatan’ penyusunan skripsi dengan label “Workshop pengayaan penyusunan proposal skripsi”. Program ini telah terbukti berhasil mengantarkan mahasiswa akuntansi untuk menyelesaikan penulisan skripsi dalam waktu rata-rata 4 bulan.

Jaringan alumni program studi akuntansi dan forum-forum alumni dikembangkan sebagai salah satu sumber informasi dan akses ke dunia kerja. Pola ini terbukti dapat memperpendek masa tunggu alumni  memperoleh pekerjaan.

Posted in Uncategorized

Leave a Comment

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.